-->

Pengertian Motherboard, Fungsi, Jenis-jenis dan Komponen-komponennya


Pengertian Motherboard pada komputer 

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan materi tentang motherboard yang ada di dalam komputer.

Motherboard merupakan printed circuit board yang bertindak sebagai tulang belakang pada sebuah komputer karena Motherboard ini menyediakan konektivitas elektrik yang sering disebut dengan bus, sehingga dengan adanya Motherboard komponen dan peragkat eksternal pada Motherboard tersebut dapat terhubung dengan baik.
source komputerhope


Motherboard sering disebut juga dengan mainboard sehingga komponen semuanya terpasang seperti CPU atau yang lainnya. Tidak hanya itu juga Motherboard bisa mengecek keadaan suatu perangkat seperti hard drive dan mouse. Dengan adanya Motherboard maka seluruh komponen yang ada di dalam komputer tersebut dapat berjalan dengan lancar dan juga bekerja sama.

Itulah pengertian mengenai Motherboard pada komputer yang mungkin dari sekian banyak orang pasti sudah mengenal dan mengerti tentang Motherboard.

Fungsi Motherboard Pada Komputer

Tidak hanya itu juga Motherboard ternyata memiliki fungsi sebagai sebuah tulang belakang komputer. Untuk lebih jelasnya fungsi Motherboard tersebut adalah wadah untuk menampung beberapa komponen yang ada di dalam komputer seperti tempat menampung RAM, ROM, PCI.

Selain itu, Motherboard juga berfungsi untuk mengatur kode BIOS pada chip ROM. Tidak hanya itu juga dalam Motherboard terdapat beberapa slot yang mungkin digunakan untuk komponen atau perangkat eksternal yang mampu meningkatkan, fleksibilitas dari komputer itu sendiri.
Itulah gambaran umum mengenai fungsi Motherboard pada komputer.

Jenis-Jenis Motherboard pada Komputer

Ada beberapa jenis Motherboard yang ada dalam komputer serta memiliki bentuk yang berbeda, bahkan kita juga harus mengenal Motherboard apa yang ada di dalam komputer kita, supaya ketika kita melakukan up-grade komputer tidak salah.  Berikut jenis Motherboard yang ada di dalam komputer, diantaranya:

1. Motherboard AT (Advanced Technology)
Motherboard ini merupakan sebuah jenis Motherboard yang pertama kali dikenalkan oleh perusahaan IBM pada tahun 1984 kemudian digunakan secara luas diseluruh dunia dalam membangun komputer. Motherboard ini memiliki ukuran yang cukup besar yaitu sekitar 12 x 13.8 inchi.
Motherboard ini sulit melakukan instalasi bahkan melakukan up-grade karena tiap komponen yang ada di dalam Motherboard terbilang sangat berdekatan, sehingga susah untuk melakukan instalasi maupun up-grade.

2. Motherboard ATX (Advanced technology Extended)
Motherboard ini adalah Motherboard yang dikembangkan oleh perusahaan Intel sekitar tahun 1990 yang mana merupakan sebuah peningkatan pada jenis Motherboard sebelumnya yakni AT.
Motherboard ini pada tahun 2017 masih sangat populer karena kemudahan untuk digunakan serta kemudahan untuk melakukan instalasi serta up-grade yang tidak begitu sulit.

3. Motherboard Micro-ATX
Motherboard ini merupakan Motherboard yang ukurannya lebih kecil, karena di dalam Motherboard tersebut terjadi pengurangan jumlah slot I/O yang didukung pada Motherboard.

4. Motherboard  LPX (Low Profile Extended)
Motherboard ini merupakan Low Profile Extended yang diciptakan setelah Motherboard AT. Motherboard jenis ini dirancang untuk digunakan pada cassing slimline atau Low profile yang memang didesain sedemikian rupa untuk mengurangi penggunaan space ruagan yang tidak terpakai dan juga mengurangi biaya.

Kelebihan dari Motherboard ini adalah tempat untuk memasang slot ekspansi tersebut kartunya itu dipasang dengan tegak.

5. Motherboard BTX (Balanced Technology Extended)
Motherboard ini merupakan Motherboard yang dikembangkan untuk mengurangi beberapa masalah yang muncul pada saat menggunakan teknologi terkini. Sehingga teknologi yang lebih baru cenderung menggunakan daya yang lebih besar dan juga menghasilkan panas yang lebih tinggi.
Kelebihan dari Motherboard ini adalah penggunaan aliran udaranya secara in-line dimana slot memori dan slot ekspansi dipindah tempatkan sehingga komponen utama seperti processor dapat menggunakan aliran udara yang sama mengurangi penggunaan kipas yang dibutuhkan oleh sistem.

6. Motherboard Mini ITX (Information Technologi Extended)
Motherboard jenis ini merupakan sebuah jenis Motherboard yang memiliki daya rendah dengan ukuran cukup kecil yaitu 17 x 17 cm. Motherboard ini dirancang oleh VIA technologies pada tahun 2001 sampai Motherboard ini digunakan pada komputer yang memiliki bentuk yang lebih kecil dan yang lebih baiknya lagi Motherboard ini tidak menimbulkan panas yang lebih karena menggunakan daya yang lebih kecil.

Itulah jenis-jenis dari Motherboard komputer.

Komponen-Komponen Motherboard

Ada beberapa komponen penting yang ada di dalam Motherboard, diantaranya.

1. Soket CPU
Soket ini digunakan untuk menginstal atau menyisipkan processor. Di dalam soket ini terdapat dua jenis yakni soket LIF atau sering disebut dengan soket lama  dan soket ZIF atau banyak menyebutnya soket model baru.

2. North Bridge
 North Bridge merupakan komponen yang sangat penting dari Motherboard sehingga bisa disebut dengan titik fokus dari Motherboard itu sendiri. 

3. South Bridge and North bridge
Merupakan dua kutub utama Motherboard yang salah satunya terhubung dengan antarmuka IDE primer dan sekunder, konektor SATA, Konektor Floppy Drive, dan Slot PCI serta BIOS.

4. Slot RAM
Merupakan komponen pada Motherboard yang digunakan untuk menyisipkan RAM

5. Slot AGP
Slot ini digunakan untuk memasukan AGP card adalah slot untuk kartu grafis yang ditujukan untuk game 3D dan juga letaknya berada disamping slot PCI.

6. Slot PCI
Slot ini digunakan untuk menyisikan add on Card seperti kartu LAN, kartu sound.

7. CMOS
CMOS adalah sebuah baterai yang memasok power pada sebuah memori kecil pada Motherboard yang berfungsi untuk menyimpan settingan konfigurasi komputer, seperti waktu dan yang lainnya.

8. Primary and Secondary IDE interface
Komponen ini sering disebut dengan konektor IDE yang mendukung dengan perangkat IDE seperti CD, DVD drive, Hard Disk.

9. Konektor SATA
Komponen ini merupakan komponen yang berguna untuk menghubungkan perangkat serial ATA.

10. BIOS
Komponen yang merupakan salah satu bagian chip penting dari Motherboard untuk melakukan POST dengan tindakan yang cepat ketika dinyalakan sebuah komputer maka tidak akan muncul BIOS.

Itulah pengertian Motherboard, Fungsi, Jenis dan Komponen-komponen Motherboard yang ada di dalam komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Motherboard, Fungsi, Jenis-jenis dan Komponen-komponennya"

Post a Comment

Silahkan beri tanggapan anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel