-->

Pengertian Application Layer, Cara Kerja, Fungsi, Protokol Aplication Layer dalam Jaringan Komputer


Pengertian Application Layer dalam model OSI Jaringan Komputer

Aplication Layer adalah layer atas yang berada dalam model OSI jaringan komputer yang dimana saat pengguna mengirim pesan dan menjadi lapisan terakhir pada sistem layer model OSI jaringan komputer pada saat pengguna menerima pesan.


Aplication Layer ini juga adalah lapisan layer yang bekerja pada program tertentu yang dimana Aplication Layer tersebut bekerja pada komputer server atau juga komputer client.
Dalam artian lain Aplication Layer ini adalah lapisan OSI yang menyediakan antar muka antara aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dalam jaringan dan kemudian membantu menangkap dan menerima pesan yang dikirim dalam sebuah jaringan. Maka hal tersebut sering disebut juga dengan protokol jaringan yang mengatur tugas tertentu dalam sebuah jaringan internet.

Selain itu, Aplication Layer juga merupakan layer yang paling dekat dengan pengguna komputer, karena dalam sistem jaringan komputer, Aplication Layer bisa menjadi awal atau juga bisa menjadi layer akhir, sehingga layer ini berkaitan erat dengan berbagai aplikasi software di dalam komputer seperti web browser dan yang lainnya.

Itulah pengertian Aplication Layer dalam model OSI jaringan komputer yang perlu diketahui.

Cara Kerja Aplication Layer model OSI dalam jaringan komputer.

Cara kerja Aplication Layer  ini adalah melakukan untuk Mendefinisikan cara kerja Aplication Layer jauh lebih mudah dilakukan daripada menentukan cara kerja layer di dalam jaringan. Sehingga pada dasarnya Aplication Layer ini akan menerima perintah dari pengguna dengan bantuan aplikasi atau juga dengan software tertentu untuk mengirim pesan atau juga data ke komputer lain.

Selain itu juga, Aplication Layer akan menampilkan pesan yang diterima oleh pengguna berupa aplikasi tertentu, sehingga layer ini mudah sekali diamati karena berhubungan dengan aplikasi tertentu.

Itulah cara kerja dari Aplication Layer model OSI dalam jaringan komputer.

Fungsi Aplication Layer model OSI dalam Jaringan Komputer.

1. Sebagai User Interface
Aplication Layer ini juga berfungsi sebagai user interface yang dimana memiliki tujuan untuk mendefinisikan data dan penyajian data yang dilakukan oleh presentation layer, namun pengguna tidak bisa melihat dan data dan membacanya. Maka dari itu, ketika presentation layer bekerja dalam menyajikan data, maka Aplication Layer akan bekerja dalam menampilkan data yang disajikan dalam antarmuka dengan pengguna. Salah satu contoh dengan menggunakan program atau sistem tertentu, sehingga data yang disajikan akan dapat dilihat dan diamati secara langsung oleh pengguna.

2. Sebagai sarana untuk mengumpulkan informasi
Fungsi selanjutnya adalah Aplication Layer ini berperan penting sebagai kolektor semua informasi dan data yang diterima dan yang akan dikirim melalui jaringan. Apabila pengguna menerima data maka Aplication Layer akan mengumpulkan semua data yang telah diterima untuk kemudian diangkat dalam aplikasi tertentu.

Apabila pengguna mengirimkan data maka Aplication Layer mengumpulkan keseluruhan data dalam aplikasi tertentu dan kemudian akan meneruskan data ke presentation layer untuk didefinisikan dan diproses lebih jauh ke dalam jaringan.

3. Sebagai Sarana Membantu Kinerja Aplikasi
Aplication Layer ini juga berfungsi dalam perangkat keras yang kita kenal sebagai komputer server namun tergantung pada proses yang sedang berlangsung. Komputer server harus memiliki perangkat lunak yang mendukungnya.

Aplication Layer ini juga bekerja dengan bantuan perangkat lunak dan program tertentu yang dimana aplikasi ini merupakan program yang sudah terinstall di dalam komputer baik di dalam komputer penerima atau komputer pengirim data.
Ada beberapa program yang bekerja dengan menggunakan Aplication Layer seperti :
  • Client Email
Sebagai client email ada beberapa aplikasi yang sudah familiar seperti web browser salah satunya Chrome, Mozilla dan yang lainnya. Aplication Layer ini juga bekerja pada perangkat lunak maka secara otomatis, Aplication Layer juga bekerja dengan bantuan beberapa protokol.

Protokol Aplication Layer dalam Model OSI jaringan komputer.

Ada beberapa protokol yang bekerja pada Aplication Layer dalam jaringan komputer, diantaranya:

1. Protokol DNS
Protokol ini adalah protokol dari sistem nama domain dan juga diartikan sebagai salah satu protokol yang paling penting dalam jaringan komputer karena DNS membantu menetukan alamat IP pada setiap komputer sehingga semua komputer dapat saling berhubungan satu sama lain dengan menggunakan IP Address yang sudah disetting dalam setiap komputer.

2. Protokol HTTP
Protokol ini sudah tidak asing lagi ditelinga semua orang karena keberadaan HTTP tersebut populer dibeberapa kalangan. HTTP ini adalah protokol yang banyak digunakan pada sebuah web browser untuk mengambil sebuah halaman website yang dikompilasi dengan menggunakan sistem HTML.
HTTP ini juga berhubungan dengan protokol WWW dan merupakan bagian paling penting dari IP atau juga dengan TCP.

3. Protokol POP3/SMTP
Protokol ini merupakan protokol yang penting dalam hal pengiriman surat elektronik atau banyak dikenal dengan email dan yang sejenisnya.

4. FTP
FTP adalah protokol yang digunakan untuk mentransmisikan dan juga mentransfer data dalam jaringan internet, sehingga pengguna bisa mengirim data dan juga file ke komputer lain hanya dengan menggunakan aplikasi saja tanpa perlu menggunakan flash drive.

5. DHCP
DHCP adalah sebuah protokol yang digunakan untuk membantu mengkonfigurasi alamt IP komputer anda pada jaringan komputer.

6. Telnet
Telnet merupakan protokol yang banyak digunakan dan juga diakses dengan jarak jauh ke komputer. Fungsi dari telnet ini yakni sangat berperan penting untuk melakukan remote pada sebuah jaringan komputer dan menjalankan komputer dengan jarak jauh asalkan terhubung dengan jaringan internet. Salah satu contoh dengan menggunakan aplikasi Team viewer yang diinstal di dalam komputer maka bisa digunakan untuk meremote komputer dengan jarak jauh. 

Itulah pengertian Aplication Layer, Tugas, Fungsi, dan Protokol Aplication Layer dalam model OSI jaringan komputer.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Application Layer, Cara Kerja, Fungsi, Protokol Aplication Layer dalam Jaringan Komputer"

Post a Comment

Silahkan beri tanggapan anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel