-->

Pengertian Data Link Layer, Fungsi, Layanan Lapisan dan Tugas Data Link Layer


Pengertian Data Link Layer dalam Model OSI Jaringan Komputer

Data Link Layer adalah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI jaringan komputer yang dapat melakukan konversi beberapa frame jaringan yang didalamnya berisi data yang dikirimkan menjadi bit-bit yang tujuannya agar dapat diproses oleh lapisan fisik.

Data link layer merupakan lapisan dalam model OSI yang akan melakukan transmisi data antara perangkat jaringan yang saling berdekatan di dalam WAN atau node LAN yang sama. Kemudaian lapisan ini juga bertanggung jawab dalam membuat frame, flow control, koreksi kesalahan dan yang lainnya. Lapisan data link ini juga menawarkan layanan transfer data melalui saluran fisik seperti halnya TCP.

Fungsi Data Link Layer dalam jaringan komputer

Ada beberapa fungsi data link layer yang perlu diketahui diantaranya:
1. Melakukan Proses Grouping Secara Logic
Fungsi pertama dari data link layer ini adalah dengan melakukan proses grouping pada paket data yang ditransmisikan melalui jaringan. Proses grouping merupakan proses pengelompokan kembali yang sebelumnya data tersebut dibagi-bagi menjadi beberapa bagian atau dipecah-pecah pada saat proses transmisi data berlangsung. Proses ini kemudian melakukan data bagian-bagian tersebut dikelompokan menjadi kesatuan yang utuh yang akan ditransmisikan kedalam layer selanjutnya.
Proses pengelompokan data tersebut menggunakan logic atau logika untuk mempersatukan data yang pada saat itu menjadi dibagi-bagi menjadi suatu data yang utuh dan bukan menggunakan alat fisik lainnya.

2. Mendeteksi Kesalahan
Fungsi yang kedua adalah dengan melakukan deteksi kesalahan pengiriman atau juga menerima paket data yang terjadi selama proses transmisi data berlangsung. Maka fungsi ini sangat penting sekali untuk mengurangi kesalahan pada setiap kali pengiriman data dalam suatu jaringan.
Kesalahan tersebut bisa terjadi ketika jaringan komputer mengalami masalah pada alamat yang akan dituju.

3. Melakukan Pengkoreksian
Fungsi ketiga tidak berbeda jauh dari fungsi sebelumnya, selain dari melakukan deteksi kesalahan, data link layer ini juga berfungsi untuk melakukan pengoreksan data yang akan dikirim serta alamat yang dituju akan dikoreksi apa benar atau tidaknya. Hal ini sudah merupakan fungsi dasar dari data link layer untuk melakukan pengoreksian alamat serta data dalam mentransmisikan data.

4. Menyediakan Akses ke dalam Media dengan MAC Address
Fungsi selanjutnya yakni dengan menyediakan akses ke dalam media menggunakan MAC Address yang dimana sebuah alamat yang tercetak secara fisik, MAC address ini memiliki fungsi untuk melakukan proses pengiriman data yang terhubung ke dalam jaringan.
Lapisan ini merupakan lapisan yang menyediakan akses dari suatu jaringan komputer ke dalam media tertentu dengan menggunakan sistem pengalamatan menggunakan MAC address, sehingga setiap proses transmisi yang berlangsung di dalam suatu jaringan memiliki akses tersendiri.
Itulah beberapa fungsi dari data link layer dalam model OSI Jaringan Komputer yang perlu diketahui untuk menambah wawasan dan pengetahuan menjadi luas.

Tugas Data Link Layer

Berikut ini adalah tugas data link layer yang berperan penting dalam Model OSI jaringan komputer.
Memindahkan datagram dari suatu node ke node yang lainnya melalui individual link dalam bentuk frame. Link antar node mungkin berbeda protokol adalah ethernet.
Itulah tugas utama dari data link layer yang perlu diketahui, namun selain itu, masih banyak lagi tugas dari data link layer dalam model OSI jaringan Komputer.

Layanan Link Layer pada Data Link dalam Model OSI Jaringan Komputer.

Berikut layanan link layernya:
1.Framing
Framing merupakan cara pembungkusan datagram ke bentuk frame sebelum ditransmisikan.
2. Physical Address
Apabila frame ini didistribusikan ke sistem lainnya pada jaringan, maka data link tersebut akan menambahkan sebuah header dimuka frame untuk mendefinisikan pengirim dan penerima.
3. Flow Control
Setiap node memiliki keterbatasan Buffer sehingga layer link memastikan pengiriman frame tidak lebih cepat dari pada pemrosesan frame pada receiver. Apabila bit rate berlebihan atau juga menurun maka flow control akan melakukan tindakan yang menstabilkan bit rate.
4. Access Control
Apabila perangkat terhubung dengan link yang sama lapisan data link perlu menentukan perangkat mana yang akan di kontrol pada saat tertentu.
5. Link Accsess
Link akses ini berhubungan dengan protokol kontrol akses media yang mengatur bagaimana frame dikirimkan ke tautan.
6. Reliable Delivery
Reliable Delivery ini merupakan pengiriman yang handal menjamin pengiriman datagram melalui link tanpa error.
7. Error Control
Error control ini apabila data link menambahkan physical layer reliability dengan penambahan mekanisme deteksi dan transmisi ulang frame yang gagal.
8. Error Detection
Error Detection ini merupakan bit error karena atenuasi sinyal pada link, namun hal ini tidak meminta frame reset dan frame yang salah akan dibuang.
9. Error Corection
Error Corection ini memberikan layanan tidak hanya mendeteksi tetapi juga mengoreksi kesalahan dan juga tidak semua protokol bisa berfungsi dan semua itu tergantung protokol yang digunakan.
Itulah layanan atau prosedur pengiriman data dari data link layer ke layer selanjutnya.
Layer ini sangat berperan penting dalam proses pengiriman data yang menjadikan beberapa data yang sudah dipisahkan menjadi dikelompokan ulang menjadi satu kesatuan yang utuh untuk diproses pengiriman ke layer selanjutnya.

Itulah pengertian Data Link Layer, Fungsi data link layer,Tugas serta Layanan data link layer yang perlu diketahui oleh para pembaca untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Data Link Layer, Fungsi, Layanan Lapisan dan Tugas Data Link Layer"

Post a Comment

Silahkan beri tanggapan anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel