-->

Cara Membuat Nomor Halaman Pada Microsoft Office Word 2013

Tutorial cara membuat nomor halaman berbeda dalam satu dokumen Office Word  – Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial cara membuat nomor halaman yang berbeda-beda dalam satu dokumen di Ms.Office Word 2013, 2010, 2017. Pada pembuatan nomor halaman dokumen tersebut sering dikeluhkan oleh para pengguna karena jarang sekali para pembuat dokumen memberikan cara tersebut, bahkan masih ada juga yang belum mengetahuinya. 

Cara membuat halaman dalam satu dokumen ini sangatlah mudah apabila anda membaca sampai dengan akhir. Apakah kalian sudah mengetahui apa gunanya dari MS.Office Word ? tentunya MS.Office word ini memiliki banyak fungsi yang belum anda ketahui. Beberapa fungsi dari Microsoft Office Word ini adalah.

1# untuk membuat dokumen umum

2# untuk membuat laporan

3# Untuk membuat Gambar

4# Untuk membuat Makalah, Skripsi, Tesis dan yang lainnya. 

Apakah anda sudah mengetahuinya ? tentu harus bisa mengetahuinya, apalagi anda seorang Guru, Karyawan, Dosen dan Mahasiswa harus bisa mengetahui cara ini karena ketika anda membuat laporan seperti Skripsi, Tesis, Makalah, Laporan dan yang lainnya anda tidak perlu membuat dokumen yang terpisah-pisah yang akan membuat anda bingung nantinya.

Baik disini saya akan memberikan cara membuat nomer halaman yang berbeda-beda dalam satu file dokumen. Langsung saja simak tutorial Cara Membuat Nomor Halaman Pada Microsoft Office Word 2013 dengan mudah.

1# Langkah pertama anda buka Microsoft Office Word 2013, 2016, 2010, 2007 pada jendela dekstop anda.

2# Langkah kedua coba anda buat Kop Laporan, pada halaman pertama ! lihat contoh.



3# Langkah selanjutnya pada jendela tab Page Layout kemudian pilih Breaks, Lalu Pilih Next Page.

Fungsi dari next page ini adalah untuk membuat halaman baru dan memiliki fungsi penomoran yang berbeda, misalkan cover makalah tidak diberi Nomor, namun ketika masuk halaman 2 diberi nomer dengan misalnya romawi (i, ii, iii....)

Setelah itu anda bisa membuat di halaman kedua misal “Kata pengantar” sampai satu halaman atau dua halaman.


4# Langkah selanjutnya adalah melakukan penomoran pada file yang sudah dibuat tadi dengan cara, Pilih Tab Insert, kemudian Pilih Page Number Pilih Salah satu format Misal Bottom of Page dan pilih peletakan nomornya, sesuai dengan keinginan anda. 


Setelah berhasil maka anda pindahkan kursor tersebut ke footer halaman cover pertama, kemudian anda centang different First Page.


5# Langkah selanjutnya kemudian anda pindahkan lagi kursor ke halaman kedua dalam dokumen anda. Lalu Pilih Page Number lagi disisi kiri atas, kemudian anda pilih nomor sesuai keinginan misalkan anda pilih angka romawi (i,ii,iii,.....) dan centang Start at dan klik OK. Lihatlah perubahannya.


6# ketika anda sudah selesai membuat halaman dengan angka romawi i, ii, ......., maka anda bisa langsung menekan enter untuk membuat halaman selanjutnya dengan catatan nomor angka romawi menjadi i....iv.... atau menjadi bertambah.

Terus bagaimana untuk melanjutkan penomoran agar bisa menjadi angka 1, 2, 3, 4, 5....>100 ?

7# Tahap selanjutnya anda lakukan ulang seperti tahap sebelumnya dengan melakukan pilihan pada tab Page Layout , Pilih Breaks, kemudian Pilih Next Page, maka setelah itu akan muncul halaman baru, agar bisa berjalan dengan lancar, coba anda copy paste dokumen yang ada di komputer anda ke halaman tersebut. Misalkan yang di copas tersebut adalah Bagian BAB 1 Pendahuluan, copas sampai dengan selesai ke dalam dokumen yang baru dibuat tersebut. 


8# Tahap Selanjutnya adalah dengan melakukan perubahan nomor yang sudah ada di halaman BAB I Pendahuluan dengan cara double klik nomor yang ada di halaman Bab I Pendahuluan, kemudian anda pilih Page Number bagian kiri atas dan pilih Format Page Number dan anda pilih format 1, 2, 3,.... dan lalu anda pilih Start at, maka halaman dokumen anda akan tersusun dengan rapi. 

Apabila anda melakukan penomoran yang berbeda-beda seperti huruf arab dan yang lainnya, maka lakukanlah cara seperti di atas dengan benar.


Apabila anda masih kesulitan dalam membuat nomor halaman, maka silahkan komentar atau hubungi admin via kontak yang sudah tertera di atas. Terima kasih semoga cara ini bermanfaat untuk Siswa, Mahasiswa, Guru, Dosen dan yang lainnya. Salam IT.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Membuat Nomor Halaman Pada Microsoft Office Word 2013"

Silahkan beri tanggapan anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel